Pada Minggu (6/4), Panarama Residential Resort berkolaborasi dengan Dalem Wangi mengkoordinasi event Pasar Wangi dengan konsep eco-cultural market. Pasar dengan prinsip keberlanjutan lingkungan ini berhasil menggaet lebih dari 400 peserta pada event perdananya.

Pasar Wangi fokus pada produk ramah lingkungan seperti hasil pertanian organik, kerajinan tangan berbasis bahan alami, serta barang daur ulang (upcycled). Ada kurang lebih 15 tenant artisan lokal area Salatiga – Semarang yang ikut memeriahkan event ini, antara lain: Girls on Weekend ID, VAF x Sukur Bagya, Aiabutter x Cuantree, Jamu Seruni, Oppu Company, Roon Company, Ana Beauty, Aunty Ipeh, Psi Kombucha, Tjuyung Smoke House, Anythings x Hasta Dara, Starry Shrimp, Ineerbird, dan Galgreen.
Yang paling unik dari event perdana Pasar Wangi adalah seluruh bagian dekorasi termasuk signage pada booth tenant seluruhnya terbuat dari bahan ramah lingkungan tanpa plastik. Tiap-tiap tenant pasar yang ikut pun dihimbau untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai pada kemasannya. Hal ini selaras dengan misi Panarama dan Dalem Wangi yang mengedepankan nilai alami lingkungan dan prinsip berkelanjutan.
Mengusung nilai Laras, Lurus, Leres, dan Laris, Pasar Wangi menjadi suatu wadah untuk berkarya dengan senantiasa menjaga keberlanjutan alam sekitar. Laras bermakna upaya menyelaraskan hidup dengan keramahan bumi, disusul Lurus yang berarti usaha adaptasi budaya lokal dengan modernitas), Leres adalah upaya menciptakan produk dengan kebaikan seperti daur ulang dan karya yang bermanfaat, sementara Laris mengusahakan bentuk keuntungan yang tidak hanya berupa materi tapi juga koneksi baru antar kerabat.
Harapannya, gelaran Pasar Wangi bisa menjadi agenda rutin yang diadakan di Panarama Residential Resort, dengan lebih banyak mengundang komunitas-komunitas karya baru di masa mendatang. Stay tuned! * (FY)